Serba-serbi Manajer Rekod/Arsip
UAS2020-MR-A-Syafrima Fadhilla Zulwis (195030707111030)
Manajer Rekod/Arsip
Manajer Arsip adalah individu yang bertanggung jawab
untuk pengembangan, implementasi, dan administrasi penetapan arahan dan
prosedur operasi standar untuk pembuatan, pengambilan, perlindungan,
pelestarian, dan penghancuran catatan (baik hard copy maupun elektronik) untuk
organisasi mereka. Mereka memfasilitasi pengembangan sistem pengarsipan dan
retensi dan jadwal posal, mempertahankan ini untuk memenuhi administrasi
persyaratan tive, hukum, dan keuangan. Mereka menganalisis apa saja masalah
manajemen catatan dan strategi desain dan prosedur untuk memenuhi manajemen
arsip yang sedang berjalan kebutuhan organisasi mereka.
Mereka menilai
program penyimpanan catatan yang ada dan jadwal dan, setelah meneliti
peraturan, dan persyaratan industri, rekomendasikan modifikasitions dan revisi.
Mereka mengatur penyimpanan off-site catatan organisasi (hard copy dan backup
data file untuk perlindungan) bila perlu dan kelola semuanya hubungan vendor
terkait. Mereka mengatur penghancuran catatan yang aman dan umumnya bertanggung
jawab untuk mengawasi penggunaan informasi otomatis sistem untuk pencarian dan
pengambilan, entri data, dan laporan mencari
arsip-arsip.
Pengalaman, Keterampilan, dan Sifat Kepribadian manajer
rekod , menjadi proses yang kompleks, melibatkan pendidikan dan praktik
bertahun-tahun secara penuh penguasaan. Pengetahuan menyeluruh tentang
manajemen arsip- prinsip dan metode manajemen rekod/arsip dan arsip odologi
sangat penting seperti kesadaran akan tren saat ini dalam manajemen rekod/arsip
elektronik. Sebuah informasi teknologi (TI) yang berkaitan dengan catatan
manajemen, termasuk pemahaman kerja tentang database, sistem email, dan server
file jaringan berharga, seperti pemahaman tentang persyaratan hukum terkait
dengan manajemen arsip.
Manajer Arsip harus memiliki tulisan, lisan, dan
keterampilan komunikasi membangun konsensus. Mereka harus memiliki orientasi
pelayanan yang kuat dan mampu berfungsi dalam lingkungan tim. Mereka harus
memiliki analitis, organisasi, dan kepemimpinan yang sangat baik kemampuan.
Mereka membutuhkan keterampilan interpersonal yang sangat baik, seperti mereka
harus bekerja dengan bijaksana dan efektif dengan semua tingkatan personel.
Manajer Rekod/Arsip Melibatkan
•
membuat, menyetujui, dan menegakkan kebijakan
catatan, termasuk sistem klasifikasi (yang
mencakup kategorisasi dan
pengindeksan) dan kebijakan
penyimpanan catatan
•
mengembangkan rencana penyimpanan arsip, yang
mencakup penyimpanan catatan fisik jangka pendek dan jangka panjang dan
informasi digital sedemikian rupa sehingga keduanya cukup dapat diakses dan
dilindungi kerusakan lingkungan (catatan fisik) atau kerusakan gangguan ocehan (catatan digital)
•
mengidentifikasi catatan yang ada dan yang baru
dibuat, mengklasifikasikannya dan kemudian
mengurutkannya sesuai dengan prosedur operasi standar
•
mengoordinasikan akses dan sirkulasi catatan di dalam dan di luar organisasi
•
melaksanakan kebijakan penyimpanan untuk
mengarsipkan dan / atau menghancurkan catatan sesuai kebutuhan operasional,
pengoperasian prosedur, anggaran dasar, peraturan, dan organisasi kebijakan.
Dimana Manajer Rekod Dibutuhkan ?
Manajer rekod hadir di hampir setiap tipe organisasi. Misalnya dalam bidang kesehatan industri, melibatkan manajemen informasi kesehatan tidak hanya menyimpan file pasien tetapi juga mengkodekan file untuk mencerminkan diagnosis dan perawatan kondisi yang diderita pasien. Manajer Rekod di industri farmasi bertanggung jawab untuk memperoleh informasi penelitian laboratorium, trials data, dan dokumentasi manufaktur. Manajer Rekod di firma hukum sering kali bertanggung jawab mengelola konflik apa pun atas kesepakatan dengan perusahaan serta kebijakan manajemen arsip file materi klien.
Tips Untuk Menjadi Manajer
Rekod
(cara
saya agar dapat menjadi manajer rekod)
- Belajar dengan giat dan mendapatkan nilai terbaik
- Selesaikan kuliah dan dapatkan gelar
- Selama kuliah, coba usahakan cari pekerjaan sampingan atau kerja-belajar tetapi sesuai dengan bidang ilmu kepustakaan
- Selain itu, cari juga pekerjaan sukarela di universitas, agar bisa terbiasa dengan data- data atau catatan-catatan
- Perbanyak informasi dan rekan
- Maksimalkan pengalaman tetapi masih di lingkup manajemen data atau perpustakaan
**Catatan
Selain mengembangkan diri dengan mencari pengalaman
sebanyak dan sebaik mungkin, usahakan membantu masyarakat juga dilakukan agar
pelaksaan manajemen rekod dapat terwujud bukan hanya dalam sebuah organisasi
tetapi setiap individu bisa menerapkan manajemen di kehidupannya agar
meminimalisir kesalahan, kehilangan serta hal-hal lain yang tidak diinginkan.
Bisa dengan melakukan atau memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar
tentang betapa pentingnya manajemen rekod terhadap catatan-catatan yang mereka
miliki. Bisa juga dengan mengemas informasi secara ringkas dan menarik kemudian
di-share ke sosial media secara berkala, atau dengan membuat akun sosial tentang
manajemen rekod dan berisikan informasi-informasi tentang bagaimana mengelola
catatan- catatan atau data-data pribadi.
Komentar
Posting Komentar