KENALAN YUK!

SPESIALIS REKOD



Spesialis menurut KBBI adalah orang yang ahli dalam suatu cabang ilmu atau keterampilan. Informasi yang terekam di setiap unit kerja yang berhubungan dengan kegiatan kerjanya disebut rekod, atau bisa dikatakan rekod merupakan informasi terekam dalam setiap bentuk yang dibuat atau diterima dan dikelola oleh sebuah organisasi atau perorangan dalam transaksi yang disimpan sebagai bukti transaksi atau kegiatan tersebut. Oleh karena itu, dapat dikatakan spesialis rekod adalah orang yang ahli dalam bidang rekod yang dibutuhkan disetiap organisasi. Profesi ini sangat menarik dan penting, mengingat pentingnya rekod dalam suatu organisasi atau lembaga. Rekod yang berisi informasi merupakan aset bagi organisasi, oleh karena itu penting bagi organisasi untuk memahami informasi yang terkandung, letak dimana disimpan, dan bagaimana cara mengelolanya dengan baik dan benar. Sistem manajemen rekod dan informasi haruslah dibuat sedemikian rapih dan aman agar informasi yang terkandung terjaga dan diberlakukan sebagaimana mestinya. Cara pertama yang dapat dilakukan mahasiswa agar siap menjadi Spesialis Rekod yang baik adalah dengan memahami dan mempelajari teknologi informasi dan manajamen rekod dengan tepat.

Pengembangan profesi penting dilakukan agar masyarakat mengenal dan mengetahui lebih jauh mengenai fungsi dan peran Spesialis Rekod . Usaha mengembangkan profesi ini bisa timbul dari dua segi, yaitu dari segi eksternal dan dari segi internal. Pada hubungannya dengan usaha pengembangan profesi Spesialis rekod maka perlu dikembangkan usaha pelatihan dan pengembangan profesi spesialis rekod. Dengan demikian, spesialis rekod akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan tugas profesinya.

USAHA-USAHA PENGEMBANGAN PROFESI SPESIALIS REKOD

  • ·     Dari segi eksternal :

a.       Peningkatan kualitas Spesialis Rekod

Spesialis Rekod harus terus meningkatkan kualitas diri agar tidak tertinggal perkembangan zaman. Dewasa ini, urusan rekod perlu dikembangkan dalam bentuk elektronik atau dapat disebut sebagai tata kelola informasi (Information Governance). Spesialis Rekod dapat mengembangkan sistem informasi agar proses mengelolaan rekod lebih efektif dan efesien.

b.      Sertifikasi Spesialis Rekod

Sertifikasi dapat diberikan kepada Spesialis Rekod yang professional agar lebih terlihat istimewa, terpercaya, dan terakreditas.

c.       Peningkatan Kompetensi Spesialis Rekod

Menjadi seseorang yang berkutat dengan informasi dapat menjadikan seorang Spesialis Rekod dapat meningkatkan kompetensinya melalui informasi kekinian yang dimiliki dan di kembangkan guna meningkatkan keilmuan dan kapasitas pribadi.

d.      Pengembanan karir Spesialis Rekod

Spesialis Rekod perlu dipandang dan dilebarkan sayapnya, dapat dengan memberi posisi khusus yang paten atau kenaikan pangkat.

e.      Penghargaan dan Perlindungan Spesialis Rekod

Spesialis Rekod memegang peran penting sehingga perlu untuk dihargai dan dilindungi keberadaannya. Ibarat Spesialis Rekod yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan, tentu keberadaannya memgang peran penting namun berbahaya (bagi oknum nakal yang ingin berbuat kecurangan).

  • ·      Segi internal :

a.       Pengembangan wawasan Spesialis Rekod

Spesialis Rekod harus memiliki wawasan yang luas dan dalam agar tidak salah mengambil keputusan atau melakukan kesalahan saat berurusan dengan rekod-rekod yang sangat penting keberadaannya.

b.      Pengembangan profesionalisme Spesialis Rekod

Spesialis Rekod yang professional tentu didambakan organisasi atau perusahaan, oleh karena itu pengembangan profesionalisme Spesialis Rekod perlu dilakukan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

c.       Mengembangkan etika jabatan dan kewibawaan Spesialis Rekod

Etika jabatan berguna sebagai rem tak kasat mata bagi Spesialis Rekod dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, Spesialis Rekod perlu memiliki wibawa dan dapat berdiri sendiri agar dapat menjaga/mengelola rekod dengan baik dan tepat.

d.      Mengembangkan inovasi

Spesialis Rekod perlu untuk dapat mengembangkan atau dapat membuat sistem yang baik yang sesuai dimana tempat bekerja. Sistem E-Record Management (ERM) sebagai persyaratan fungsional untuk Electronic Records Management Systems (ERMS) sangat membantu pihak pengelola arsip elektronik untuk dapat mengelola dokumen dengan baik secara efektif dan efisien, baik dalam hal penyimpanan, pengolahan, pendistribusian, dan perawatan dokumen. Sistem Manajemen E-Record Management (ERM) adalah sebuah sistem yang mampu memelihara integritas serta keaslian arsip.

e.      Mengembangkan profesi Spesialis Rekod  berbasis kemandirian dan marketing

Kemandirian disini yaitu menumbuhkan kepercayaan diri kepada para Spesialis Rekod atas kemampuan serta perannya yang penting dalam kehidupan organisasi atau perusahaan, sedangkan marketing yaitu Spesialis Rekod dapat memunculkan ide-ide atau inovasi yang dapat diterima guna menjadikan kegiatan mengelola data, arsip, rekod, dan informasi dengan tepat.

 

Referensi

Lai, M.C., Huang, H.C., Lin, L.H., & Kao, M.C. (2011). Potential of organizational memory for creating service performance: A cross-level analysis. Expert Systems with Applications, 38, 10493-10498.

Spremic, M., and Popovic, M., (2008). Emerging issues in IT Governance: Implementing the Corporate IT Risk Management Model, WSEAS Transacions on Systems, issues 3 Volume 7



FERONTINA
195030700111031

Komentar