Mengenal Profesi Manager Rekod

 Hanifah Imanina Irbah - 195030701111011 - Ujian Akhir Semester - Manajemen Rekod - Kelas A


        Ilmu Perpustakaan dan Informasi, saat ini merupakan jurusan yang banyak dicari lulusannya, jurusan ini mengeluarkan sarjana – sarjana yang bisa dan khusus menangani hal – hal yang berbau dokumen, koleksi, informasi - informasi dan hal – hal lain yang membutuhkan perlakuan dan penanganan khusus. Salah satu dokumen atau berkas – berkas yang harus ditangani dan dipelihara secara khusus adalah Rekod atau Arsip.  Pemeliharaan dan penanganan ini bisa disebut juga dengan manajemen rekod atau arsip, manajemen rekod atau arsip adalah pengendalian sistematis terhadap semua rekod atau arsip, mulai dari penciptaan atau penerimaan, dan selanjutnya pemrosesan, distribusi, organisasi, penyimpanan dan temu kembali, hingga disposisi akhir. Rekodatau arsip berfungsi sebagai memori suatu perusahaan. Rekod atau arsip mendokumentasikan informasi, biasanya rekod digunakan dan disimpan karena rekod tersebut memiliki satu atau lebih nilai guna. Jadi sesuai dengan definisi dan kegunaannya, profesi sebagai manajer rekod ini sangat berguna dan sangat dibutuhkan. Ada banyak jenis profesi dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi atau lebih khususnya di bidang manajemen rekod dan informasi yaitu bisa menjadi arsiparis, pustakawan, dokumentalis, dan manajer rekod. Saya sendiri juga cukup tertarik untuk bekerja sebagai manajer rekod, alasan saya tertarik dengan profesi ini karena, selama satu semester di perkuliahan ini saya mempelajari dan mengkaji bahasan – bahasan mengenai manajemen rekod itu sendiri, sehingga semakin lama saya mempelajari manajemen rekod ini, membuat saya semakin tertarik. Tugas dari seorang manajer rekod sendiri yaitu salah satunya tentunya manajamen rekod, dimana kita harus memelihara rekod mulai dari penciptannya sampai posisi akhirnya. Fungsi dan peranan Rekod atau Arsip juga bisa dalam Pengambilan Keputusan Manajemen yaitu rekod dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang tepat, oleh karena itu sebagai manajer rekod kitaharus bisa memelihara rekod dengan baik, sehingga nantinya dapat memperoleh informasi yang tepat karena keputusan akan baik bilamana informasi yang diterima juga baik. Manajemen rekod ini tentunya juga penting dalam sebuah organisasi karena manajemen rekod membantu organisasi dalam mengatur rekod yang ada agar tidak terjadinya tumpang tindih informasi atau kehilangan informasi. Mengingat informasi penting bagi organisasi. Rekod yang dimaksud bisa berupa nota akuntansi, keuangan, ataupun dokumen – dokumen penting bagi organisasi, termasuk juga didalamnya berupa rekaman penting. Jika tidak ada manajemen rekod maka data sepenting itu akan sulit dikelola bahkan bisa jadi hilang dengan tidak sengaja. Maka dari itu, manajemen rekod sangat penting dan berguna bagi organisasi.

            

            Untuk mencapai profesi tersebut tentunya harus banyak membutuhkan pengalaman – pengalaman yang sesuai, terus mempelajari dan memperdalam materi – materi mengenai manajemen rekod, atau bisa juga mengikuti seminar – seminar yang membahas mengenai manajemen rekod ini, dan biasanya juga pada seminar – seminar tersebut sering dihadiri oleh ahli – ahli di bidang rekod, sehingga kita bisa mendapatkan contoh – contoh pengalaman penerapan manajemen rekod. Dengan begitu, Ketika kita sudah mulai mencari pekerjaan, dan mendapatkan profesi tersebut, kita dapat menerapkan apa yang sudah kita dapat dan pelajari mengenai rekod ini, dan bisa kita terapkan di dunia pekerjaan tersebut. Cara – cara diatas juga bisa digunakan dalam mengembangkan profesi kita sebagai manajer rekod, cara – cara diatas juga bisa digunakan setelah kita mendapatkan profesi tersebut, dengan begitu kita dapat belajar dari penalaman orang lain mengenai cara – cara atau bagaimana menjadi manajer rekod yang baik agar bisa mengelola rekod dari mulai penciptaannya sampai akhir masa rekod tersebut. Masyarakat juga perlu mengetahui betapa pentingnya manajemen rekod dalam lingkungan masyarakat. Manajamen Rekod penting juga bagi masyarakat dikarenakan rekod termasuk dokumen yang memiliki nilai bukti, mempunyai misi untuk disimpan dan dibutuhkan jika sewaktu – waktu ada masalah genting yang harus diperlihatkan dan membutuhkan bukti, setidaknya dengan adanya manajemen rekod sudah menyimpan dan mempersiapkan dalam dokumen – dokumen yang sudah disusun dan diatur. Contoh pada lingkup masyarakat mereka akan menyimpan berbagai surat berharga seperti kartu keluarga, ijazah, surat nikah, dan dokumen lainnya. Manajemen rekod ini perlu dikembangkan di kalangan masyarakat, karena untuk memelihara dokumen – dokumen tersebut, kita bisa mengembangkan manajemen rekod di kalangan masyarakat melalui edukasi – edukasi, dan sebagainya. Jika manajemen rekod itu bisa dikenal di kalangan masyarakat maka akan mendapatkan informasi yang tepat, yang tentunya akan membantu masyarakat untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan dipahami.

 

Komentar