Manajer Administrasi

 Zahra Nada Sabry | 195030707111026 | Ujian Akhir Semester Manajemen Rekod | Kelas B

Manajer Administrasi 

 

Manajer Administrasi

Profesi merupakan pekerjaan seseorang berdasarkan bidang keahlian orang tersebut atau berdasarkan bidang akademik orang tersebut. Dalam profesi bidang ilmu perpustakaan dan informasi pada manajemen rekod terdapat profesi manajer administrasi. Manajer administrasi adalah profesi seseorang dalam melaksanakan koordinasi dan perencanaan kepada pihak perusahaan lain mengenai prosedur dan sistem administrasi yang telah diterapkan dan merancang cara untuk merampingkan proses demi efisiensi perusahaan.

Tugas Manajer Administrasi

Selain itu tugas dalam manajer administrasi terdapat berbagai tugas, yaitu:

1.      Melalukan pelatihan dan perekrutan pegawai agar sesuai dengan standar perusahaan.

2.      Melakukan penilaian atas kinerja pegawai, yang dimaksud dalam penilaian yaitu pegawai dinilai berdasarkan hasil kinerja dan melakukan filtering kepada pegawai untuk memutuskan apakah pegawai tersebut akan bertahan atau tidaknya dalam perusahaan tersebut.

3.      Memastikan ketersediaan data, yaitu memastikan informasi yang terdapat dalam perusahaan selalu tersedia dalam rangka menjalankan bisnis kepada perusahaan lainnya.

4.      Mengelola jadwal dan tenggat waktu.

5.      Mengelola fasilitas dan inventoris.

6.      Memantau biaya pengeluaran dan membantu penyusunan anggaran.

7.      Memastikan operasi administrasi untuk mematuhi kebijakan dan peraturan.

Mengapa Profesi Manajer Administrasi Menarik?

Profesi manajer administrasi merupakan profesi yang menarik dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi pada manejemn rekod, dikarenakan seorang manajer sangat bertanggung jawab dan berpengaruh besar dalam keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam artian, seorang manajer bertanggung jawab dalam mengambil keputusan atau decision maker atau pembuat keputusan. Sehingga tanggung jawab yang dimiliki seorang manajer cukup besar pengaruhnya dalam organisasi tersebut, tanggung jawab yang besar tersebut menjadikan posisi manajer memiliki gaji yang sangat besar. Dalam Bahasa inggris, manage artinya mengatur, manajer juga bertanggung jawab dalam mengatur pendataan dan kelengkapan berkas perusahaan atau organisasi serta persyaratan lainnya yang berpengaruh dalam proses kinerja perusahaan. jadi manajer administrasi secara harfiah merupakan  sosok yang melakukan pengambilan keputusan atau membuat aturan secara berkala terkait kelengkapan, pendataan, dan pemenuhan syarat dari berkas berkas yang berguna untuk menunjang sebuah proses kerja.

Kualifikasi Profesi Manajer Administrasi

Untuk meraih posisi sebagai manajer administrasi harus memiliki tekad yang kuat dan rasa bertanggung jawab yang tinggi, manajer yang hebat dan diinginkan oleh perusahaan harus memiliki komunikasi yang baik, karena manajer harus dapat mengatur pegawai dalam rangka mengawasi pegawai dalam melakukan tugas yang diberikan agar seuai dengan SOP atau standar perusahaan. Seorang manajer administrasi juga diharapkan untuk menciptakan ide-ide baru dalam melancarkan kinerja organisasi atau perusahaan untuk menghasilkan proses kerja yang lebih efisien dan efektif. Pemikiran yang analitis menjadi point tambahan seorang manajer administrasi, karena masalah yang ada akan diselesaikan secara tepat dan pengambilan keputusan dilakukan secara rasional. Dalam hal pendidikan posisi manajer administrasi dapat diraih dengan gelar jurusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis atau Ilmu Administrasi Publik. Selain itu untuk menjadi menejer administrasi tidak bisa secara langsung, ada beberapa kualifikasi untuk meraih posisi tersebut, seperti :

1.      Pengalaman minimal 2 tahun dalam bidang administraisi atau menejer administrasi

2.      Pemahaman mendalam mengenai prosedur menejemen kantor dan kebijakan departemen hukum

3.      Mengetahui prinsip-prinsip keuangan dan fasilitas

4.      Mahir dalam MS. Office

5.      BSc atau BA dalam bidang admnistrasi bisnis atau bidang relatif

Pengembangan Profesi dan Masyarakat

Pengembangan pada profesi manajer administrasi dapat dilakukan dengan cara memberikan ide-ide atau inovasi baru pada organisasi. Ide-ide tersebut dapat muncul dalam memecahkan masalah yang ada di organisasi yang menghasilkan gagasan baru. Inovasi dapat dilakukan dengan cara team work yang diciptakan saat rapat atau meeting. Sebagai contoh inovasi yang kreatif dapat dilakukan dengan tiga acara: 

1. Menciptakan, yaitu menciptakan sesuatu yang belum ada pada organisasi tersebut. Seperti membuat filosofi menejemn baru atau menciptakan desain format organisasi baru.

2. Modifikasi, yaitu meniru sesuatu yang sudah ada dan diubah menjadi sesuatu yang lebih baik.

3. Menggambungkan, yaitu menggabungkan dua hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Seperti menggambungkan penyusunan proses kerja dengan analisis tes objektif

Pengembangan masyarakat pada sekitarnya dapat dilakukan dengan cara survei secara langsung, survei tersebut dapat berupa form tentang kepuasan masyarakat dalam pelayanan yang diberikan oleh manajemen rekod pada bidang manajer administrasi, form tersebut berisi kekurangan dan kelebihan pelayanan yang diberikan. Sehingga form tersebut dapat dijadikan sebagai patokan untuk melayani publik lebih baik.

 

Referensi

Yohannes Suraja. 2018. Pengembangan Karier Profesional Kantor. Dikutip pada 18 Desember 2020 dari file:///C:/Users/Asus/Downloads/137-334-1-PB.pdf

Ida Nuraida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Dikutip pada 18 Desember 2020 dari http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/993/Ida_139753-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Komentar