SALMA MARCH ANDINA | 195030707111004 | UAS MANAJEMEN REKOD | KELAS
B
PROFESI MANAGEMENT DOCUMENT SPECIALIST
Apa itu Management Document?
Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI), dokumen adalah surat yang tertulis atau tercetak yang
dapat dipakai sebagai bukti keterangan. Secara umum, dokumen adalah sebuah
catatan atau tangkapan dari sebuah peristiwa atau sesuatu sehingga informasi
tentang hal tersebut tidak akan hilang. Dokumen adalah bentuk informasi.
Biasanya informasi pada dokumen ditulis tangan tapi juga bisa dibuat dari
gambar dan suara. Suatu dokumen dapat dimasukkan ke dalam bentuk elektronik dan
disimpan dalam komputer. Suatu dokumen biasanya menganut konvensi berdasarkan
pada dokumen serupa atau sebelumnya atau sesuai persyaratan spesifik.
Kegiatan untuk
mengelola document biasa disebut sebagai manajemen document
(document managements). Dokumen-dokumen tentunya perlu dikelola,
karena merupakan nilai tambah dari bisnis, menjadi aset perusahaan atau
organisasi daripada hanya sekedar pertanggungjawaban saja.
Berikut ini beberapa contoh dokumen, antara lain:
- Akta kelahiran.
-
- Surat nikah.
-
- Surat perjanjian.
-
- Surat wasiat.
-
- Paspor. Visa.
-
- Dokumen perjalanan.
-
- Rekaman sejarah lisan.
-
- Faktur penjualan.
-
- Spesifikasi produk
-
- Surat kabar.
Apa itu Management Document Specialist?
Management document specialist atau spesialis manajemen dokumen merupakan
profesi yang berada di bidang kearsipan. profesi ini memiliki tugas untuk
menerapkan dan mengelola sistem manajemen dokumen perusahaan dan prosedur
terkait yang memungkinkan organisasi untuk menyimpan, mengolah, membagikan
dokumen elektronik secara efisien dan terstruktur.
Apa saja tugas Management
Document Specialist?
1.
- Merancang, mengidentifikasi terkait kebutuhan sistem
dokumentasi digital
2.
- Berkonsultasi dengan klien mengenai masalah dalam mengakses konten
secara elektronik
3.
- Merancang dan monitor standar operasi dan peraturan untuk
menjaga kepatuhan terkait dengan sistem dokumen elektronik.
- Membantu dalam menentukan kebijakan manajemen untuk memudahkan
akses informasi yang efisien, patuh pada hukum & regulasi,
serta keamanan dari semua konten elektronik.
5.
- Menerapkan pengolahan dokumen elektronik, perbaikan, dan sistem
distribusi dengan bekerja sama dengan pakar teknologi informasi dan
departemen-departemen lainnya
- Pengetahuan dasar apa
saja yang perlu diketahui untuk menjadi Mnagement Document Specialist?
1.
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan
strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik
kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
2.
- Administratif
Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata,
mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir,
serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.
- Komputer dan Elektronik
Pengetahuan
tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras
dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
4.
- Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi
pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan,
memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
5.
- Bahasa Inggris
Pengetahuan
tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari
setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
Berapa pendapatan
Management Document Specialist?
Pendapatan
Management document specialist berkisar diantara Rp.2.000.000-Rp.5.000.000
perbulan untuk fresh graduate. Pendapatan ini juga bervariasi tergantung
kebijakan perusahaan dan trend industry. Untuk Manajement Document Specialist
yang sudah professional bisa mendapatkan gaji lebih dari nominal diatas.
Mengapa memilih menjadi Management Document Specialist?
Management
Document Specialist merupakan suatu profesi yang belum banyak ditekuni sehingga
peluang kerja yang masih besar dan juga banyaknya perusahaan yang membutuhkan
Management Document Specialist untuk mengatur dokumen-dokumennya.
Jurusan apa saja yang bisa
menjadi Management Document Specialist?
Ilmu Perpustakaan, Ilmu
Komputasi, Manajemen Rekod & Arsip (Vokasional)
Bagaimana cara mengembangkan
Profesi Management Document Specialist?
Dalam
mengembangkan profesi management document specialist agar lebih dikenal di
masyarakat luas dapat dilakukan dengan mengadakannya webinar atau membuat
website khusus yang berisikan deskripsi profesi ini dan menjelaskan tentang
bagaimana prospek dari profesi ini karena hingga sekarang belum ada website
khusus yang membahas tentang profesi Management Document Specialist atau
Spesialis Manajemen dokumen ini. Diharapkan kedepannya jika ada website khusus
yang membahas tentan profesi ini mungkin profesi ini dapat lebih banyak dikenal
dan menjadi profesi yang diminati banyak orang.
Referensi :
Amsyah, Zulkifli, (2001)
manajemen kearsipan, penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Tambe, M. Nippi.
2008. Manajemen Kearsipan dan Dokumentasi, Makassar
: penerbit UNM
Komentar
Posting Komentar