Tidak sekali dua kali, banyak orang yang memandang program studi Ilmu Perpustakaan sebelah mata. Banyak orang yang mengatakan bahwa nantinya lulusan dari program studi Ilmu Perpustakaan hanya akan menjadi seorang penjaga perpustakaan dan bahkan sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal, prospek kerjanya sangat luas. Ada banyak hal yang dipelajari, salah satunya kini perpustakaan berfokus pada bidang informasi. Sebagai pemberi layanan infromasi tentunya skill komunikasi sangatlah penting.
Seberapa penting komunikasi di dalam Perpustakaan?
Perpustakaan adalah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dengan tugas menghimpun, mengolah, dan mendistribusikan informasi kepada masyarakat. Kegiatan di perpustakaan dalam melakukan kegiatannya akan terjadi intraksi sosial antar pustakawan dengan pemustaka, antara pemustaka dengan pustakawan, dan antara pustakawan dengan pimpinan pustakawan. Di dalam sebuah perpustakaan, tentunya membutuhkan komunikasi yang baik antara pustakawan dan pemustaka. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam ilmu perpustakaan dan ilmu lainnya, apapun lembaganya pasti memiliki hubungan erat dengan komunikasi termasuk perpustakaan.Informasi yang disampaikan maupun yang di terima oleh elemen-elemen yang terkait dengan perpustakaan tentu membutuhkan komunikasi yang efektif agar setiap informasi yang ada maupun yang dibutuhkan di perpustakaan dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik. Di sinilah letak urgensi komunikasi sebagai penghubung antara pustakawan dengan pemustaka untuk membangun relasi ideal antara pustakawan dengan pemustaka.
Mengapa Communication Specialist?
Seorang communication specialist bertugas untuk membantu lembaga atau perusahaan dengan mengelola semua komunikasi internal dan eksternal perusahaan., mengembangkan strategi media sosial, memproduksi materi komunikasi pemasaran. Selain itu, mereka juga merencanakan konferensi pers, berkontribusi pada konten website, dan membangun hubungan dengan para pemangku kepentingan utama. Communication/Interpersonal skills merupakan suatu skill yang paling banyak diinginkan oleh lembaga-lembaga atau perusahaan. Jelas saja bahwa profesi Communication Specialist akan sangat dibutuhkan pada lembaga atau perusahaan, bahkan untuk waktu yang lama. Komunikasi dalam konteks layanan perpustakaan mengajarkan kepada kita bagaimana berkomunikasi, berinteraksi, menjalin hubungan dengan pemustaka atau pemakai perpustakaan sehingga tercipta kesan yang menarik dan dapat memberikan kepuasan kepada pengguna atau penerima layanan.
Apa saja Communication Skills yang perlu dimiliki?
Skill dalam berkomunikasi tentunya menjadi hal yang penting untuk kita berinteraksi langsung dengan orang lain, skill yang perlu dimiliki oleh setiap orang ialah :
1. Listening skills, dimana harus bisa mendengarkan dan mendiskusikan pendapat orang lain.
2. Mampu memberikan feedback yang baik bagi beragam situasi yang dihadapi orang lain.
3. Conflict resolution, yang mampu mengatasi konflik dengan memberikan respon yang tepat dalam berbagai situasi.
4. Relationship building, menjaga hubungan baik antara sesama staff ataupun dengan pemustaka
5. Self initiative, memiliki rasa inisiatif yang tinggi.
6. Teamwork, memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam sebuah tim.
Bagaimana cara meraihnya?
Menjadi seorang communication spesialist tentunya memerlukan proses. Kita membutuhkan banyak pengalaman yang selaras dengan pekerjaan tersebut. Pengalaman dapat didapat dari mana saja, misalnya kita bisa aktif mengikuti diskusi, mengikuti kelas public speaking, dan alangkah lebih baik lagi dengan mengikuti lomba-lomba yang dapat mengasah kemampuan kita dalam hal komunikasi. Mengikuti sebuah organisasi juga dapat menambah skill kita dalam berkomunikasi, dengan berorganisasi yang sudah jelas berhubungan dengan banyak pihak, seperti pihak internal atau bahkan eksternal.
Bagaimana mengembangkan profesi dan masyarakat di sekitar?
Profesi Communication Specialist tentunya banyak dicari oleh lembaga atau perusahaan. Dengan gaji yang cukup besar untuk seorang Communication Specialist Professional (13jt - 15jt/bulan) dapat menambah ketertarikan masyarakat menjadi seorang Communication Specialist. Profesi ini dapat dikatakan sangat menjanjikan untuk banyak lulusan-lulusan sarjana maupun diploma. Untuk menyebarluaskan profesi ini terhadap masyarakat, bisa dengan mengadakan sosialiasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan Communication Specialist sendiri. Dengan perkembangan teknologi, akan lebih mudah lagi untuk menyebarluaskan profesi ini melalui social media dan berbagai platform lainnya.
Harapan saya terhadap Prospek Kerja lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan
Semoga kedepannya orang-orang lebih memperhatikan dan memahami prospek kerja dari lulusan Program Studi Ilmu perpustakaan yang tidak hanya menjadi seorang penjaga perpustakaan, sebagai pustakawan, arsiparis. Namun, lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan memiliki prospek kerja yang sangat luas yang tidak kalah dengan Program Studi lain yang lebih menonjol. Jenjang Profesi Comumunication Spesialist tentunya mengambil lebih banyak tanggung jawab atau mengambil peran sebagai kepemimpinan. Comunnication Spesialist itu sendiri dapat menentukan tujuan karier mereka melalui perkembangan karier. Misalnya, dapat memulai dengan peran seperti editor, maju ke jabatan seperti konsultan, dan akhirnya berakhir dengan jabatan manajer pemasaran regional.
Komentar
Posting Komentar