BUSINESS LIBRARIAN

 RISKY GIAR IMADDUDIN | 195030701111023 | UAS MANAJEMEN REKOD | KELAS C



Pemikiran masyarakat adalah seseorang yang mendapatkan gelar kelulusan sarjana dari Program Studi Ilmu Perpustakaan akan bekerja di Perpustakaan dengan tugas merapihkan dan mengamankan koleksi di Perpustakaan. Sebagai seorang mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Brawijaya, sudah sepatutnya saya merubah pemikiran masyarakat tentang lulusan Ilmu Perpustakaan. Lapangan pekerjaan untuk bidang ini memang terbilang sangat luas dan banyak, saya tertarik dengan salah satu profesi yang menurut saya akan mengembangkan keterampilan dan kemampuan saya di dalam menjalankan pekerjaan. Profesi ini merupakan profesi perpaduan antara Ilmu Perpustakaan dan Bisnis, maka dari itu nama profesi ini adalah Pustakawan Bisnis atau dalam bahasa Inggris yaitu Business Librarian.

Pustakawan Bisnis

Pustakawan Bisnis mengelola perpustakaan perusahaan atau perpustakaan bagian bisnis publik, akademik, atau penelitian yang mengkhususkan diri pada materi yang relevan dengan perdagangan dan manajemen. Pustakawan Bisnis bertugas mengumpulkan, membangun, dan mengatur sumber informasi organisasi atau bagian perpustakaan. Mereka membuat katalog dan mengklasifikasi spesifikasi buku teknis, katalog dan produsen, majalah, seri, surat kabar, materi, audiovisual, microform, cetak ulang jurnal, materi media elektronik, database bisnis dan keuangan, dan materi lain yang relevan dengan tugas Pustakawan Bisnis. Selain itu, mereka sering bersiap untuk mengatur abstrak dan indeks, bibliografi dan analisis latar belakang informasi, menyiapkan laporan tentang bidang minat tertentu. 

Sebagai contoh tugas dari Pustakawan Bisnis yaitu, pustakawan perusahaan kemungkinan akan menyediakan file departemen penjualan dengan data tentang pesaing dan produk mereka serta kebijakan dan peraturan pemerintah yang dapat mempengaruhi perusahaan. Tanggung jawab Pustakawan Bisnis yang termasuk pengembangan koleksi yaitu memelihara panduan subjek online untuk perusahaan atau perpustakaan, menjawab pertanyaan referensi, dan melakukan sesi instruktur perpustakaan. Pustakawan Bisnis berfungsi sebagai sumber informasi perusahaan di seluruh dunia.

Selain itu, Pustakawan Bisnis juga melatih staf dalam membuat katalog, mencari, dan memproses materi yang mendukung informasi bisnis yang dibutuhkan manajemen organisasi atau yang memenuhi pengumpulan kebijakan perpustakaan secara umum dan bagian bisnisnya secara khusus. Pustakawan Bisnis melakukan pencarian literatur, yang mungkin termasuk artikel dan laporan dari waktu nyata (online), feed berita, surat kabar, transkrip siaran, dan publikasi perdagangan, laporan penelitian dan catatan analis untuk mendukung pengambilan keputusan keuangan, serta repositori data ilmiah dan teknis tentang paten, merek dagang dan kekayaan intelektual lainnya. Pencarian ini mungkin datang dari data online, sistem perpustakaan otomatis, CD-ROM database, atau vendor dan sumber penelitian otomatis, seperti LexisNexis dan WealthEngine. Pustakawan Bisnis mengidentifikasi sumber terbaik untuk staf mereka dan mengoptimalkan strategi pencarian melalui kosakata terkontrol, ontologi, dan pengembangan istilah terkait. Mereka sering membantu dalam pemeliharaan situs web perusahaan dan pembuatan panduan subjek untuk pengguna situs web.

Pendidikan yang Diperlukan untuk Posisi Pustakawan Bisnis

Untuk menempati posisi pustakawan di perpustakaan perusahaan, biasanya membutuhkan orang-orang dengan gelar master (S2) dalam Ilmu Perpustakaan (M.L.S) atau dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi (M.L.I.S). Gelar sarjana (S1) dengan keahlian dalam bidang bisnis, ilmu sosial, atau yang lebih direkomendasikan dalam bidang spesialisasi perusahaan.

Selain memiliki gelar dari pendidikan formal seperti Perguruan Tinggi, keterampilan yang didapat dari pendidikan informal seperti kursus yang berhubungan dengan komputer dan memiliki pengalaman di perpustakaan akademik atau penelitian dalam pengaturan referensi eknonomi, bisnis, dan data. Pengalaman dan pelatihan dalam manajemen dan pencatatan proses manajemen perpustakaan juga penting.

Pengembangan Profesi dalam Masyarakat

Pengembangan profesi Pustakawan Bisnis di masyarakat dapat dilakukan dengan efektif dan efisien dengan memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai dasar-dasar manajemen atau bisnis dan dasar-dasar menganalisis dan menemukan sumber informasi. Dari hal sederhana yang diajarkan ke masyarakat, dapat mengembangkan profesi ini dan lebih dikenal oleh masyarakat. Karena  pada dasarnya profesi ini hanya membutuhkan pengetahuan dasar tentang bisnis dan analisis, seperti kita tahu bahwa menganalisis suatu informasi sudah sering dilakukan oleh masyarakat. Dengan kemudahaan yang diberikan oleh teknologi saat ini, dapat membuat masyarakat lebih mudah untuk mempelajari dan memahami lebih dalam tentang Pustakawan Bisnis.







Referensi

Taylor, Allan dan James Robert Parish. 2009. Career Opportunities in Library and Information Science. New York: Ferguson

Komentar